Pesona Bibit
085643721972 sms 085643721972 085643721972
Dusun Demangan RT 02/09, Desa Kebonrejo, Kec Salaman, Magelang, Jawa Tengah

Bibit Petai

KategoriBibit Pohon Petai
Di lihat279 kali
Harga Rp 45.000
Beli Sekarang

Detail Produk Bibit Petai

Spesifikasi Bibit Pete / Petai

Bibit tanaman Pete / Petai yang:

  • Sudah berakar
  • Hasil dari okulasi
  • Tinggi kurang lebih 40-60cm
  • Dikirim dengan media tanam secukupnya
  • Bonus polybag untuk pindah tanam

Syarat & Kondisi Tumbuh Pete / Petai

Pete / Petai yang Anda dapatkan memiliki sifat sebagai berikut:

  • Dapat tumbuh di semua dataran, dari dataran rendah dengan cuaca panas sampai tinggi dengan cuaca sejuk
  • Butuh sinar matahari sepanjang hari
  • Dapat ditanam di pot diameter minimal 60 cm apabila ingin dijadikan tanaman buah dalam pot (tabulampot)
  • Dapat berbuah 3-4┬átahun sejak bibit ditanam
  • Media tanam berupa tanah dan humus
  • Penyiraman dilakukan 1x sehari
  • Pemupukan dengan NPK Daun 1x sebulan
  • Tinggi tanaman ketika dewasa nantinya sekitar 5 meter, tapi bisa dibuat lebih pendek dengan pemangkasan rutin

Lainnya Tentang Bibit Pete / Petai

Berikut kondisi produk lain yang perlu kami sampaikan:

  • Untuk mengurangi stres pada tanaman, sebagian daun, bunga, cabang dan ranting kami pangkas pada saat dikirim.

Deskripsi Varietas Pete / Petai

Pete atau Petai, tanaman yang memiliki nama latin Parkia speciosa merupakan tanaman polong yang berasal dari Malaysia dan terkenal akan bijinya yang dapat dimakan. Walaupun memiliki aroma khas yang tidak sedap, tetapi tidak jarang juga orang menggemari biji petai.

Pohon yang banyak ditemukan di Indonesia bagian barat ini merupakan tanaman tahunan yang memiliki banyak cabang dan pertumbuhan pohonnya dapat menjulang sampai 40 meter. Bunganya yang berbentuk seperti bolam lampu biasanya muncul pada ujung ranting dan apabila penyerbukan bunga dilakukan secara sempurna, maka dalam satu bongkol dapat muncul hingga 20 calon buah. Buah petai, seperti yang sering kita jumpai, memiliki bentuk memanjang dan terdiri dari biji-biji petai yang dapat mencapai 20 biji dalam satu buah.

Warna kulit buah petai umumnya berwarna hijau, tetapi apabila sudah tua warnanya dapat berubah menjadi hitam. Dan bijinya lumayan lunak ketika masih muda, tetapi akan berubah menjadi keras ketika sudah tua. Apabila kita mengupas kulitnya, sebelum mencapai biji petai kita juga akan menjumpai kulit lain berwarna keputihan yang melapisi biji petai. Tetapi apabila buah kelewat tua, kulit pelapis ini akan menebal, berlendir, dan berwarna kekuningan.

Di Pulau Jawa sendiri, terdapat dua jenis petai. Pertama yaitu petai gajah, yang memiliki 15-18 biji dalam satu buah dengan panjang buah dapat mencapai 30 cm. Dan jenis yang kedua adalah petai jenis kacang yang memiliki ukuran lebih kecil daripada petai gajah, panjangnya hanya sekitar 20 cm dengan buahnya yang terdiri dari 10-12 biji saja.

Lingkungan Ideal untuk Tanaman Petai

Tanaman petai tergolong tanaman yang mudah beradaptasi, karena dapat hidup di dataran rendah maupun tinggi hingga 1500 meter di atas permukaan laut, bahkan masih dapat tumbuh dengan baik di suhu panas maupun dingin. Walau demikian, pertumbuhan optimal dengan hasil produksi yang tinggi akan didapat apabila tanaman ini hidup di dataran dengan ketinggian antara 500-1000 meter di atas permukaan laut, dengan tekstur tanah yang halus dan memiliki pH antara 5,5 sampai 6,5. Dan tanah yang paling disukai tanaman petai adalah jenis tanah mediteran dan latosol.

Tanaman petai kurang dapat menoleransi musim kemarau yang sangat kering, sehingga akan lebih baik jika ditanam di tempat yang beriklim basah dengan penyinaran matahari penuh. Apabila perawatan dilakukan dengan baik, kemungkinan tanaman petai akan mulai aktif berproduksi mulai umur 10 tahun.

Manfaat Kandungan dalam Biji Petai

Biasanya, biji petai sering dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu dengan cara ditumis atau direbus untuk dijadikan lalapan makanan atau sayuran. Bagi penggemarnya, petai sangat nikmat dihidangkan bersama sambal dan lalapan. Tetapi banyak juga orang yang tidak menyukai petai, bahkan cenderung merendahkannya.

Walaupun sering dipandang sebelah mata, tetapi sebenarnya petai memiliki banyak sekali nutrisi dan senyawa kimia potensial yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa nutrisi dalam petai diantaranya yaitu protein, karbohidrat, lemak, mineral (kalsium, fosfor, magnesium, besi, mangan, dan kalium), vitamin C, vitamin B1, dan vitamin E.

Di dalam petai terkandung senyawa terpenoid yang dapat berperan sebagai penurun gula darah, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan sebagai antiinflamasi atau mencegah peradangan. Kandungan flavonoid dalam biji petai dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melawan stress oksidatif, kondisi sel tubuh yang dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Selain itu, petai juga memiliki kandungan polisukfida siklik yang dapat berperan sebagai antimikroba atau penghambat pertumbuhan bakteri.

Produk lain Bibit Pohon Petai

Rekening Bank

Muhamad Zaenurrochman 3083-01-045764-53-1

Hubungi Kami

085643721972
085643721972
085643721972
085643721972
085643721972
085643721972