Pesona Bibit
085643721972 sms 085643721972 085643721972
Dusun Demangan RT 02/09, Desa Kebonrejo, Kec Salaman, Magelang, Jawa Tengah

Durian Bawor

KategoriBibit Pohon Durian
Di lihat653 kali
Harga Rp 75.000
Beli Sekarang

Detail Produk Durian Bawor

jual bibit durian bawor

jual bibit durian bawor

Spesifikasi Bibit Durian Bawor

Bibit tanaman Durian Bawor yang:

  • Sudah berakar
  • Hasil dari okulasi
  • Tinggi kurang lebih 50-70cm
  • Dikirim dengan media tanam secukupnya
  • Bonus polybag untuk pindah tanam

Syarat & Kondisi Tumbuh Durian Bawor

Durian Bawor yang Anda dapatkan memiliki sifat sebagai berikut:

  • Dapat tumbuh di semua dataran, dari dataran rendah dengan cuaca panas sampai tinggi dengan cuaca sejuk
  • Butuh sinar matahari sepanjang hari
  • Dapat ditanam di pot diameter minimal 60 cm apabila ingin dijadikan tanaman buah dalam pot (tabulampot)
  • Dapat berbuah 3-5 tahun sejak bibit ditanam
  • Media tanam berupa tanah dan humus
  • Penyiraman dilakukan 1x sehari
  • Pemupukan dengan NPK Daun 1x sebulan
  • Tinggi tanaman ketika dewasa nantinya sekitar 5 meter, tapi bisa dibuat lebih pendek dengan pemangkasan rutin

Lainnya Tentang Bibit Durian Bawor

Berikut kondisi produk lain yang perlu kami sampaikan:

  • Untuk mengurangi stres pada tanaman, sebagian daun, bunga, cabang dan ranting kami pangkas pada saat dikirim.

Deskripsi Varietas Durian Bawor

durian bawor

durian bawor

Durian Bawor atau dikenal pula sebagai Durian Bhineka Bawor merupakan varietas durian lokal dan unggul yang berasal dari Jawa Tengah tepatnya di Banyumas. Durian Bawor disebut-sebut sebagai durian yang jauh lebih berkelas dibandingkan durian monthong.

Durian ini ditemukan oleh seorang pembudidaya durian bernama Sarno Ahmad Darsono. Pak Sarno sapaan akrabnya adalah penggila tanaman durian yang sangat terobsesi dengan buah beraroma khas itu. Kegemarannya tersebut membuatnya penasaran dan berusaha menciptakan varietas durian unggul Nusantara. Hadirnya durian lokal unggul menjadi alternatif bagi penggila durian untuk tidak lagi mendambakan durian impor yang harganya selangit. Durian lokal yang diciptakan Pak Sarno memiliki cita rasa setara dengan durian impor namun dengan harga yang lebih murah.

Untuk menciptakan durian lokal unggul, Pak Sarno menggabungkan banyak jenis durian unggul dengan menggunakan teknik okulasi. Jenis durian tersebut di antaranya durian kumbakarna, durian petruk, durian kuningmas, dan beberapa durian impor seperti durian monthong yang sudah dikenal mencakup semua keunggulan baik aroma, rasa, tekstur yang dimiliki buah durian.

Pak Sarno melakukan percobaan okulasinya selama bertahun-tahun, beliau tidak hanya ingin menciptakan durian yang unggul pada rasa, tekstur, dan aroma saja tapi juga ingin meciptakan tanaman durian yang memiliki batang pendek, menghasilkan banyak buah dengan masa panen yang singkat. Sekitar tahun 200an percobaan yang dilakukan tersebut tidak sia-sia, Pak Sarno akhirnya berhasil menciptakan varietas durian baru yang unggul dalam budidaya dan juga kualitas buah.

Durian tersebut diberi nama durian bawor. Durian ini hadir sebagai salah satu durian unggulan yang layak untuk dibudidayakan. Julukan durian Bawor berasal dari nama adik dari Petruk yaitu Punakawan Bagong. Petruk sendiri merupakan salah satu varietas durian yang digunakan Pak Sarno dalam menciptakan jenis durian unggul lainnya.

Keunggulan Durian Bawor

Berikut keunggulan durian Bawor lokal dibandingkan dengan durian impor lainnya seperti  durian Musang King dan durian Montong:

Buah Berkualitas dan Unggulan

Sebagai salah satu durian unggulan, durian Bawor memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan terutama pada rasa buah, aroma, dan tekstur. Durian Bawor terdiri dari dua jenis berdasarkan warna daging buahnya, ada yang berwarna orange dan adapula yang berwarna kuning keemasan. Jika dilihat dari ukuran buahnya, durian Bawor lebih besar dibandingkan dengan durian Monthong. Buah durian Bawor bisa mencapai berat 15kg sementara durian Monthong berkisar antara 10 hingga 13kg.

Rasa durian Bawor tentu saja lebih istimewa jika dibandingkan dengan durian Monthong. Durian Monthong memang memiliki rasa yang enak namun kurang menggigit rasanya hanya manis saja. Beda halnya dengan durian Bawor yang memiliki rasa khas durian lokal, mengandung rasa pahit sebab terdapat kandungan alkohol dalam daging buahnya yang membuatnya terasa semakin legit. Rasa pahit yang khas inilah yang banyak digemari oleh penikmat buah durian.

Untuk aroma, durian Bawor mempunyai aroma yang tidak terlalu menyengat namun mampu mengundang selera untuk segera menyantapnya. Durian bawor yang memiliki daging berwarna kuning mempunyai rasa yang manis bahkan ketika durian masih belum matang seutuhnya. Sedangkan durian yang berwarna jingga, buahnya yang belum matang sempurna masih terasa tawar dan akan terasa manis dengan sentuhan sedikit pahit saat buahnya telah matang seutuhnya.

Untuk ketebalan daging dan tekstur, durian Bawor hampir sama dengan durian Monthong. Durian Bawor mempunyai daging yang tebal dengan biji yang berukuran kecil dan juga kempes sehingga sangat disukai oleh para penikmat buah durian. Pada durian Bawor, buahnya lebih berlemak sehingga enak ketika disantap beda halnya dengan durian Monthong yang mengandung pati sehingga terasa tidak terlalu berlemak.

Memiliki Pohon yang Kokoh dan Akar Bakau

Salah satu keistimewaan durian Bawor selain rasanya yang enak adalah pohonnya tidak tumbuh terlalu tinggi, batang pohonnya yang sudah menghasilkan buah tingginya hanya 2 -3 meter saja. Keunggulan tersebut tentu saja sangat menarik karena pohon durian pada umumnya memiliki pohon yang besar dan sangat tinggi. Pohon durian yang pendek sangat memudahkan pemiliknya saat akan memanen buah durian.

Bibit durian Bawor mempunyai akar bakau yang jumlah akarnya bisa terdiri dari tiga atau bahkan empat akar. Keunggulan pohon durian yang memiliki akar bakau di antaranya:

  1. Cadangan makanan yang tersedia lebih banyak sehingga mempercepat proses pertumbuhan pohon
  2. Kualitas buah lebih baik karena cadangan makanan juga mempengaruhi produksi nutrisi yang banyak
  3. Pohon durian tumbuh dengna kokoh dan terhindar dari bencana alam seperti angin kencang, longsor, hingga banjir
  4. Akar tanaman menyimpan cadangan makanan yang cukup sehingga mampu bertahan di kondisi cuaca yang kering dan kemarau

Budidaya Durian Bawor Tergolong Mudah

Durian Bawor dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dengan ketinggian 600m dari permukaan laut. Pemeliharaan dan perawatan tergolong murah dan cukup mudah. Pohon durian ini cukup dipupuk 2-3 kali dalam setahun. Idealnya menggunakan pupuk kandang dan pupuk NPK. Sangat cocok dibudidayakan untuk tujuan komersil karena cepat tumbuh dan cepat berbuah.

Usia Panen Buah Cepat dan Banyak

Buah durian Bawor sudah bisa dipanen ketika berumur 3 tahun, tergolong sangat cepat jika dibandingkan dengan jenis durian lain pada umumnya termasuk durian Monthong. Selain cepat panen, durian Bawor juga sangat produktif, tanaman durian yang berusia lima tahun menghasilkan buah hingga 100kg dengan bobot rata-rata per buah 44-5kg, bahkan dapat mencapai bobot maksimal hingga 15kg.

Harga Kompetitif

Harga jual durian Bawor lebih murah karena tergolong durian lokal jika dibandingkan dengan durian Musang King dan Monthong yang tergolong durian Impor. Meskipun harganya lebih murah, namun kualitas dan rasa yang disajikan durian Bawor tidak kalah dengan durian lainnya yang harganya lebih mahal.

Budidaya Durian Bawor

Tahap awal yang harus diperhatikan ketika ingin menanam durian Bawor yaitu saat memilih bibit durian yang layak tanam dan berkualitas. Berikut cara memperoleh bibit durian Bawor:

Durian Bawor merupakan jenis hibirida sehingga akan mudah mendapatkannya di pembudaya durian Bawor atau toko bibit tanaman.

Bibit durian Bawor yang dijual di pasaran biasanya berasal dari stek dan siap tanam sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan bibitnya.

Pohon durian juga bisa ditanam dari biji namun cara ini tergolong sulit karena
beberapa biji bisa saja tidak berhasil tumbuh.

Media Tanam untuk Durian Bawor

Meskipun durian Bawor mempunyai pohon yang pendek, namun daunnya tetap rindang dengan banyak cabang yang menopang buahnya jadi tidak disarankan untuk ditanam dalam pot.

Pemilihan lokasi tanam juga perlu dilakukan karena selain ukuran pohon yang berbuah dan berdaun lebat, durian bawor juga mempunyai akar yang bisa menjalar. Pilihlah lokasi yang tepat dan tidak terlalu dekat dengan bangunan rumah.

Perawatan Durian Bawor

Agar menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas perlu dilakukan perawatan yang benar. Biasanya durian Bawor lebih cepat panen setelah berbunga dibandingkan durian lainnya. Dalam 2-4 bulan, Anda sudah bisa memeti buahnya langsung menggunakaan pisau.

Durian Bawor bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin membudidayakan durian sebagai usaha bisnis. Sifatnya yang sangat adaptif dan perawatannya yang tergolong mudah menjadi keunggilan dari durian ini.

Produk lain Bibit Pohon Durian

Rp 75.000
Order Sekarang » SMS : 085643721972
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDurian Musang king
Harga Rp 75.000
Lihat Detail
Rp 75.000
Order Sekarang » SMS : 085643721972
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDurian Duri Hitam / Ochee
Harga Rp 75.000
Lihat Detail
Rp 75.000
Order Sekarang » SMS : 085643721972
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDurian Monthong
Harga Rp 75.000
Lihat Detail

Rekening Bank

Muhamad Zaenurrochman 3083-01-045764-53-1

Hubungi Kami

085643721972
085643721972
085643721972
085643721972
085643721972
085643721972