Pesona Bibit
085643721972 sms 085643721972 085643721972
Dusun Demangan RT 02/09, Desa Kebonrejo, Kec Salaman, Magelang, Jawa Tengah

Kelengkeng Merah

KategoriBibit Pohon Kelengkeng
Di lihat455 kali
Harga Rp 85.000
Beli Sekarang

Detail Produk Kelengkeng Merah

Bibit pohon kelengkeng merah

Bibit pohon kelengkeng merah

Spesifikasi Bibit Kelengkeng Merah

Bibit tanaman Kelengkeng Merah yang:

  • Sudah berakar
  • Hasil dari okulasi
  • Tinggi kurang lebih 50-70cm
  • Dikirim dengan media tanam secukupnya
  • Bonus polybag untuk pindah tanam

Syarat & Kondisi Tumbuh Kelengkeng Merah

Kelengkeng Merah yang Anda dapatkan memiliki sifat sebagai berikut:

  • Dapat tumbuh di dataran rendah dengan cuaca panas / ketinggian 700 mdpl
  • Butuh sinar matahari sepanjang hari
  • Dapat ditanam di pot diameter minimal 60 cm apabila ingin dijadikan tanaman buah dalam pot (tabulampot)
  • Dapat berbuah 1-2 tahun sejak bibit ditanam
  • Media tanam berupa tanah dan humus
  • Penyiraman dilakukan 1x sehari
  • Pemupukan dengan NPK Daun 1x sebulan
  • Tinggi tanaman ketika dewasa nantinya sekitar 5 meter, tapi bisa dibuat lebih pendek dengan pemangkasan rutin

Lainnya Tentang Bibit Kelengkeng Merah

Berikut kondisi produk lain yang perlu kami sampaikan:

  • Untuk mengurangi stres pada tanaman, sebagian daun, bunga, cabang dan ranting kami pangkas pada saat dikirim.

Deskripsi Varietas Kelengkeng Merah

Ruby longan alias kelengkeng merah sedang menjadi incaran hobiis. Penampilannya tidak hanya menarik, rasa buahnya pun dinilai melebihi varian kelengkeng biasanya. Tak heran, pada awal kemunculannya satu entres tanaman ini saja bisa dihargai hingga jutaan rupiah. Kini ruby longan sudah bisa ditemui di toko-toko bibit kesayangan, meski persebarannya belum begitu banyak.

Karakteristik Tanaman Kelengkeng Merah

Pohon kelengkeng merah punya tampilan yang langsung bisa dibedakan dengan kelengkeng-kelengkeng lain dalam sekali pandang. Batangnya keras, dan tampak kelabu gelap di tengah pencahayaan penuh, tetapi jika dilihat baik-baik sebetulnya agak merah bata. Daunnya pun begitu. Meski bentuknya oval panjang seperti daun kelengkeng biasa, daun-daun kelengkeng merah mengalami perubahan warna; mulai dari pucuk daun yang masih muda berwarna merah kecoklatan, lalu berubah hijau gelap, dan ketika daun betul-betul tua berubah menjadi merah kecoklatan lagi.

Buahnya bergerombol-gerombol per tandan sebagaimana kelengkeng biasa, hanya saja warnanya merah manyala. Satu butir kelengkeng merah berukuran 1,5 – 3 sentimeter. Kulit buah ini juga bertekstur “kayu” kasar tipis, yang ketika dikupas akan menunjukkan wujud daging buahnya yang putih bening dan tebal, cocok untuk buah kaleng. Ketika digigit, rasanya kenyal dan sangat legit; melebihi King long yang sebelumnya dianggap kelengkeng termanis. Wajar, tingkat kemanisan kelengkeng merah ini bisa mencapai angka 21 dalam skala brix.

Biji kelengkeng merah juga berwarna coklat kemerahan, bulat mengilat, dan akan tumbuh bila ditanam. Hanya, jangan berharap biji ini akan menghasilkan pohon yang persis sama dengan indukannya jika ditanam.

Kelengkeng Merah dari Hasil Mutasi

Tanaman kelengkeng merah bukanlah hasil penyerbukan silang, melainkan mutasi gen. Sebab itulah nama tanaman ini masih tergabung dalam Dimorcapus longan. Pada beberapa spesies memang kerap terjadi kasus di mana sebuah tanaman mengalami perubahan morfologis karena berbagai sebab. Bud spot, misalnya, adalah kasus mutasi atau perubahan genetik yang menyerang sel di titik tumbuh sehingga sifat merah pada pohon kelengkeng yang semestinya resesif malah menjadi dominan. Sel tersebut terus membelah diri sehingga batang, daun, dan bunga si pohon mengalami perubahan menyeluruh.

Perbanyakan secara vegetatif-setek, pucuk sambung, okulasi-akan membuat anakan tumbuh persis dengan indukan karena pada dasarnya mereka adalah “copy” dari gen si induk, sementara perbanyakan generatif (biji) akan lain. Maka pada awal kemunculannya di Vietnam, wilayah Phon Nham, kultivar ini masih seperti mitos saking langkanya. Baru kemudian kedatangan beberapa ahli botani dari Amerika-lah yang memasyarakatkannya. Ilmuwan-ilmuwan yang ingin tahu ini membawa pulang sampel kelengkeng merah ke negaranya untuk diteliti, memperbanyaknya, sehingga ketika muncul di pasaran timbullah salah kaprah bahwa kelengkeng merah adalah kultivar asli Amerika, padahal bukan.

Kemungkinan Tumbuh di Indonesia

Sifat tanah Vietnam mirip dengan Indonesia, sehingga pemeliharaannya di sini tidak sulit. Sebagai contoh, kelengkeng merah menyukai tanah bertipe B-basah, dan bisa toleran di tanah tipe  agak basah, dan sedang, dengan tingkat keasaman PH 5,5 – 5,6. Dengan prasyarat tersebut, kelengkeng merah bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi (tetapi akan sangat optimal pada ketinggian 700 di atas permukaan laut). Suhu panas 28 – 35 derajat celcius juga dibutuhkan untuk menghasilkan buah kelengkeng merah yang manis. Dan yang tak kalah penting, tanaman ini juga menyukai lahan terbuka sehingga penanaman berkeompok di lahan komoditas justru disarankan untuk membuat kelengkeng merah genjah. Sinar matahari penuh sepanjang hari sangat penting bagi pohon kelengkeng merah.

Meski begitu, bagi Anda yang memiliki lahan sempit atau ingin menanamnya untuk tanaman hias juga bisa menggunakan metode tabulampot. Syaratnya adalah menyediakan tempat tanam berdiameter minimal 60 sentimeter dan penyiraman satu kali sehari secara rutin. Pupuk NPK bunga diberikan sebulan sekali, disusul pupuk NPK buah pada bulan-bulan berikutnya. Bila diteruskan, dijamin dalam sekitar 90 hari pohon kelengkeng merah akan mulai berbuah. Menariknya, Anda bahkan tidak membutuhkan zat perangsang buah saking genjahnya tanaman ini.

Para ahli botani memperkirakan dalam waktu dekat buah ini akan menjadi tren baru di antara kelengkeng lain di Indonesia, karena sifat tanamannya yang mudah dirawat dan rupa serta rasanya yang di atas rata-rata. Ini mirip dengan kasus buah naga; ketika varian daging merah mulai menjamur di pasaran, peminat buah naga daging putih berkurang drastis. Selain itu, sudah menjadi rahasia umum bahwa daging kelengkeng sangat baik untuk dikonsumsi dari segi kesehatan. Kandungannya bisa mengobati keluhan kulit, mata, kekurangan gizi, bahkan untuk mengurangi risiko kanker. Memakannya sebanyak 10-20 butir sehari akan menjauhkan kita dari gejala flu serta panas dalam, memastikan hari-hari kita berjalan dengan tetap fit.

Rp 60.000
Order Sekarang » SMS : 085643721972
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKelengkeng Matalada
Harga Rp 60.000
Lihat Detail
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS : 085643721972
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKelengkeng Diamond River
Harga Rp 50.000
Lihat Detail
Rp 75.000
Order Sekarang » SMS : 085643721972
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKelengkeng New Kristal
Harga Rp 75.000
Lihat Detail

Rekening Bank

Muhamad Zaenurrochman 3083-01-045764-53-1

Hubungi Kami

085643721972
085643721972
085643721972
085643721972
085643721972
085643721972